Menabung Bangun Rumah

Ingin Memiliki Rumah? Terapkan 7 Tips Jitu Menabung Ini!

Memiliki rumah atau tempat tinggal kini telah menjadi sebuah keharusan bagi semua orang, terlebih pasangan-pasangan yang baru menikah. Beberapa orang mungkin memiliki nasib baik dengan memiliki rumah peninggalan orang tua, namun beberapa bagi beberapa orang lainnya, keinginan untuk mempunyai rumah bukanlah suatu perkara mudah untuk diselesaikan.

Perlu banyak hal yang harus Anda rencanakan dengan matang sebelum akhirnya Anda dapat memiliki rumah impian Anda sendiri, salah satunya adalah masalah finansial. Semakin hari, harga tanah semakin meninggi, dan begitu pun harga bangunan. Dengan gaji yang pas-pasan, kemudian Anda bertanya-tanya, “Apakah saya dapat membeli rumah suatu hari nanti?”

Menabung Bangun Rumah

Memang, untuk memiliki rumah tidak semudah dan seinstan membalikkan telapak tangan, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, urusan finansial seringkali menjadi kendala utama yang dihadapi banyak keluarga Indonesia sebelum akhirnya dapat mengkredit, membeli atau memulai bangun rumah.

Untuk itu, artikel ini akan memberikan beberapa tips jitu menabung bagi Anda yang ingin segera memiliki rumah impian. Simak tips-tips menarik berikut!

  1. Sisihkan setidaknya 20% dari penghasilan bulanan untuk ditabung.

Jika Anda telah berniat menabung sejak lama, namun pada nyatanya sia-sia, mungkin Anda melewatkan hal utama dan terpenting dalam menabung, yaitu komitmen. Komitmen inilah yang akan menentukan konsistensi Anda menabung bahkan sampai bertahun-tahun ke depan.

Seperti yang Anda tahu, menabung bukanlah sebuah hal yang mudah, namun dengan memiliki komitmen yang kuat, setidaknya akan selalu ada panggilan dari dalam diri Anda untuk senantiasa menyisihkan pundi-pundi rupiah di setiap kesempatan. Tidak perlu menyisihkan nominal yang terlalu besar, 20% dari penghasilan bulanan Anda pun sudah dirasa cukup, dengan perkiraan total pemasukan Anda 4 juta setiap bulannya. Dengan begitu, dalam setahun, Anda sudah dapat membayar biaya DP kepemilikan rumah, lho.

Agar lebih fokus, Anda dapat membuka sebuah rekening tersendiri yang untuk tabungan ini. Pastikan Anda tidak mengutak-atik, ataupun sesekali menggunakan uang yang sudah tersimpan di rekening ini untuk keperluan-keperluan yang lain, ya!

  1. Kalau bisa, sempatkan untuk berinvestasi jangka panjang

Jika gaji Anda cukup besar ada baiknya bahwa pemasukan tersebut tidak hanya Anda taruh di rekening biasa. Pertimbangkan untuk berinvestasi jangka panjang dengan membuka tabungan deposito, atau membeli saham. Dengan begitu, kelebihan uang Anda akan semakin bertambah nilainya seiring berjalannya waktu dan kelebihan ini dapat juga Anda gunakan untuk menambah biaya membeli atau membangun rumah.

  1. Cari sumber keuangan tambahan

Namun jika kebetulan pemasukan bulanan Anda pas-pasan, akan baik bagi Anda untuk mencari sumber penghasilan tambahan. Anda dapat mencari-cari pekerjaan freelance atau paruh waktu yang jadwalnya fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Gunakan asset pribadi jika memang diperlukan

Beberapa orang gemar menimbun banyak aset pribadi berharga seperti perhiasan dan lain-lainnya, namun enggan untuk menggunakannya untuk menunjang kebutuhan hidupnya. Apabila Anda benar-benar ingin memiliki rumah, atur dengan skala prioritas Anda, dan jangan ragu untuk menggunakan aset-aset pribadi milik Anda untuk menambah biaya kepemilikan rumah apabila memang diperlukan.

  1. Tekan pengeluaran untuk hal-hal non krusial semaksimal mungkin

Jika setiap bulannya Anda dapat menekan biaya pengeluaran untuk hal-hal seperti nonton bioskop, jalan-jalan di mall, ataupun belanja barang-barang mewah, tentu hasilnya dapat Anda alokasikan untuk tabungan kepemilikan rumah Anda. Semakin sedikit pengeluaran, akan semakin banyak sisa uang pada akhir bulan, dan semakin banyak juga uang yang dapat Anda tambahkan di tabungan Anda.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak boleh bersenang-senang dan berbelanja sesuka hati Anda. Hidup hemat tidak sama dengan hidup tersiksa, kok. Bijak-bijaklah mengeluarkan setiap rupiah uang Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *