Ini Dia Kesalahan Umum Pada Saat Menjalankan Toko Sparepart Motor yang Dapat Menyebabkan Merugikan Besar

Membangun usaha bengkel atau jual beli sparepart memang bukanlah hal yang mudah, banyak yang perlu dipersiapkan dan pelajari. Walaupun pada dasarnya itu merupakan bisnis yang tidak ada matinya, mengingat kebutuhan pasar akan bengkel dan onderdil sebuah motor semakin meningkat. Tetapi jika Anda membangun toko sparepart motor  dengan asal-asalan tanpa adanya perhitungan, perencanaan, pemikiran dan hal apapun yang diperlukan dalam bisnis pasti tidak akan bisa berjalan. Karena masyarakat pasti juga lebih pintar sebelum memilih toko perlu mempertimbangkan banyak hal.

Sparepart Motor

Maka dari itu jangan pernah Anda sia-siakan sebuah kesuksesan yang telah Anda bangun dalam bisnis toko sparepart dengan melakukan kesalahan-kesalahan yang sangatlah beresiko. Memang sebagai pebisnis sebuah kesalahan kecil terkadang tidak disadari, tetapi setelah hasil akhir yang buruk semuanya seakan sudah terlambat. Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pemilik toko, bengkel ataupun varian motor lainnya yaitu:

  • Kurang tepat pada pembagian anggaran modal.

Manajemen keuangan yang kurang tepat akan menghasilkan perhitungan yang kurang baik pula, hal inilah menjadi salah satu yang sangat penting untuk diperhatikan. Sekarang bisa dibayangkan sendiri banyak para pemilik bengkel atau toko membuat anggaran penyewaan gedung atau lokasi yang lebih tinggi atau sama dengan harga jual. Padahal seperti yang diketahui bahwa sarana toko tidak akan menghasilkan keuntungan, makanya lebih baik pelajari komposisi ideal yang tepat.

  • Menyewa bangunan komersial.

Menyewa tempat seperti ruko atau bangunan komersial lainnya sangat tidak disarankan karena akan membebani anggaran yang harus Anda keluarkan. Lebih baik sewa bangunan dengan lokasi yang sederhana tetapi strategis dan biaya yang diperlukan lebih kecil dan bahkan jauh lebih rendah.

  • Fasilitas yang mewah.

Bengkel merupakan salah satu pelayanan tambahan yang perlu Anda buat selain hanya menyediakan toko sparepart motor dengan perlengkapan yang banyak. Tetapi jangan pernah sekali-kali memberikan fasilitas yang mewah pada bengkel, misalnya seperti TV , ruang tunggu AC ataupun lainnya. Hal itu melihat pada target pasar Anda bukan dari mereka kelas menengah atas menggunakan mobil tetapi pelanggan motor Indonesia. Yang pada umumnya orang Indonesia lebih berorientasi pada harga yang murah bukan fasilitas yang bagus.

  • Fokus pada produk fast moving.

Terlalu fokus pada sparepart atau produk fast moving ternyata sebuah kebiasaan buruk, karena pelanggan Anda datang dengan permasalahan serta kebutuhan yang berbeda-beda. Tetap sediakan produk yang middle moving beberapa item saja untuk melengkapi pelanggan yang mencari supaya tidak merasa kecewa saat datang pada toko Anda.

  • Fokus penjualan genuine parts.

Masih banyak para pemilik toko sparepart yang hanya berfokus pada penjualan genuine part saja tetapi juga produk lainnya. Karena produk genuine part tidak bisa memberikan keuntungan yang besar, maksimal hanya 20% saja. Makanya pilih jenis produk lainnya yang dapat memberikan kemajuan pada keuntungan yang Anda dapatkan.

Nah, itulah beberapa hal yang sering menjadi kesalahan besar dan menyebabkan kerugian. Selain itu pelayanan yang hanya memberikan apa yang diperlukan kepada pelanggan itu juga merupakan salah satu hal yang salah. Pastikan Anda menerapkan sistem marketing terlebih dahulu untuk produk dengan keuntungan lebih tinggi. Jika memang keputusan akhir pelanggan tetap membeli produk yang diminta tidak masalah. Yang paling penting Anda sudah usaha untuk toko sparepart motor mendapatkan keuntungan yang besar dengan pengedukasian produk mahal kepada pelanggan, seperti dari kualitas atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *