Mengulas Tentang Perkembangan Roller Skater Jaman Sekarang

Olahraga sepatu roda merupakan salah satu jenis kegiatan yang banyak digemari oleh masyarakat terutama anak-anak sampai dengan remaja. Dahulu roller skater mempunyai bentuk sepatu yang disertai dengan dua roda dibagian depan dan belakang. Tetapi akibat perkembangan jaman seperti sekarang ini banyak perubahan yang dapat dilihat. Dari mulai modelnya sampai dengan teknik permainan yang dilakukan. Di Indonesia sendiri sudah banyak organisasi atau club sepatu roda dengan kegiatan-kegiatan aktif yang terus dilakukan, entah itu perlombaan, uji coba ataupun jenis kegiatan lainnya untuk melatih teknik setiap pemain.

Roller Skater

Banyak orang yang mengatakan bahwa bermain sepatu roda itu yang paling penting bisa meluncur, padahal hal itu tidaklah benar. Seperti yang diketahui bahwa setiap jenis olahraga mempunyai teknik permainan yang benar didalamnya, jika Anda hanya bisa meluncur saja tentu tidak akan menjadi pemain sepatu roda yang professional. Baik hanya sebagai hobi ataupun akan menjadi sebuah atlet tetap saja semua teknik dalam permainan itu perlu diperhatikan. Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai teknik bermain sepatu roda lebih baik untuk mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sebagai pemula yaitu:

  1. Yang paling utama sebelum Anda melakukan olahraga tersebut lebih baik cek kondisi sepatunya terlebih dahulu. Misalnya rodanya yang susah berputar, seret, terlalu licin ataupun lain sebagainya yang dapat menjadi penghambat Anda dalam berolahraga.
  2. Jangan lupa untuk selalu memakai pelindung kepala, pelindung lutut, pelindung siku dan juga pelindung telapak tangan untuk menghindari hal-hal yang mengakibatkan tubuh Anda cidera. Keamanan dalam setiap aktivitas olahraga merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan.
  3. Untuk pertama kalinya, Anda jangan langsung melakukan atraksi di jalanan yang licin atau beraspal. Mulailah dengan diatas karpet ataupun rerumputan yang bisa menjadikan Anda lebih aman saat pertama kali latihan.
  4. Sejak pertama kali jangan biasakan melakukan segala latihan ataupun dasar-dasar dalam permainan roller skater tersebut dengan bantuan orang lain. Apalagi jika Anda selalu berpegangan, mulailah dengan berdiri sendiri dan melangkah perlahan-lahan dengan keberanian.
  5. Atur posisi dari awal dengan benar, pertama dari tubuh yang sedikit membungkuk kemudian mulai berjalan perlahan-lahan. Sebelumnya tekuk sedikit bagian siku dan kaki membentuk huruf V. Angkat kaki secara perlahan, jangan digeser karena dapat membuat Anda tidak nyaman dan mudah jatuh.
  6. Sebagai pemula Anda bisa menentukan tempo yang pelan dan nyaman terlebih dahulu setelah itu baru atur dengan kecepatan yang Anda mampu. Peningkatan tersebut akan terlihat sendirinya dengan diimbangi usaha Anda setiap latihannya.
  7. Nah, setelah Anda menemukan tempo yang lebih cepat serta nyaman saatnya untuk mengatur pola. Misalnya menggunakan pola 5:1 yang artinya 5 kali melangkah dan 1 kali untuk Anda bisa meluncur. Lama kelamaan teknik Anda akan lebih baik, semuanya perlu tahapan yang tidak sebentar.
  8. Setelah semakin lancar, Anda tetap harus atur posisi tubuh yang tepat seperti membungkuk, posisi tangan, kaki, ayunan ataupun lainnya.

Nah, beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa memang semuanya perlu persiapan dan teknik yang benar. Jangan sampai Anda melakukan olahraga tersebut hanya sekedar main-main yang membuat mudah terluka pada badan. Dengan melakukan permainan roller skater dengan tepat, dapat di yakinkan akan ada banyak keuntungan yang didapatkan, khususnya secara fisik yang lebih sehat, segar dan bugar sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *