Tips Aman Saat Mobil Melintasi Genangan Ketika Di Guyur Hujan

Saat musim hujan, memang salah satu hal yang harus di hindari bagi para pengguna mobil adalah menghindari genangan air yang bisa merendam mobil mereka. Apalagi saat ini sedang musim penghujan, dan banyak sekali daerah yang terjadi banjir. Jadi kalau para pengendara mobil tidak hati-hati saat mengendarai mobilnya, dan bahkan mobilnya di guyur hujan serta di rendam air, hal tersebut memang bisa membahayakan bagi mobil. Karena bisa saja mobil tiba-tiba menjadi mogok  yang disebabkan oleh komponennya terendam genangan dari air hujan. Oleh karena itu anda bisa menyimak beberapa dari tips dibawah ini mengenai cara aman mengendarai mobil saat melintasi genangan air hujan, diantaranya yaitu :

Mobil Genangan Air

  1. Deteksi kedalam banjir

Cara aman pertama ketika akan melintasi genangan air hujan  yang ada didepan kita adalah dengan mendeteksi terlebih dahulu kedalaman dari banjir. Yaitu anda bisa melihat posisi ketinggian air ketika mobil akan melintas. Yang bisa anda jadikan sebagai patokannya adalah tiang listrik atau trotoar yang juga ikutan terendam air banjir.  Jadi anda bisa memastikan apakah mobil yang dikendarai bisa aman melintasi genangan dari air hujan atau banjir tersebut. jika tidak, jangan memaksakan untuk melewatinya. Sebaiknya anda putra balik saja. Supaya mobil tidak terendam banjir dan menyebabkan mogok.

  1. Tentukan momen untuk melintasi banjir

Ketika anda melewati jalanan 2 arah ketika sedanng banjir, sebaiknya hindarilah perpapasan dengan pengendara lainnya yang datang dari arah berlawanan. Karena jika anda memaksakan untuk melintas, maka gelombang air  yang mengenai mobil yang sedang berpapasan  tersebut bisa menghantam mobil. Anda bisa mengikuti mobil yang ada di depan ketika sedang menerobos banjir, sebab mobil tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuka jalan supaya lebih aman dalam melintas.

  1. Cara untuk melewati banjir

Ketika akan melewati genangan air saat sedang banjir. Pastikan kalau transmisi mobil yang anda gunakan menggunakan gigi yang paling rendah, atau menggunakan gigi 1 saja. Karena ketika anda akan melewati air genangan banjir tersebut, mobil yang dikendarai harus berjalan perlahan. Kalau semakin kencang mobil yang anda lalui, maka akan semakin tinggi pula gelombangnya. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka akan sangat membahayakan sekali. Karena cipratan air bisa masuk kedalam ruang mesin, dan bisa mengenai komponen penting yang ada di mesin. Terutama adalah komponen kelistrikan. Sehingga bisa menyebabkan terjadinya korslet atau mobil menjadi mogok.

Bagaimana Tips aman saat mobil melintasi genangan ketika di guyur hujan ini. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda. Terlebih lagi saat ini sedang musim penghujan. Kalau ingin mendapatkan artikel otomotif menarik lainnya, anda kunjungi saja situs otopik.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *